Intip 2 Review Buku Motivasi Hitz 2018.

Halo, adakah dari kalian yang pernah mendengar lagu dengan lirik seperti ini? "lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi." Sudah pasti kalian tak asing dengan kalimat tersebut ya.. Dalam menjalani kehidupan adakalanya manusia mengalami ritme pasang surut, terkadang merasa bahagia, terkadang merasa sedih dan terpuruk. Dan biasanya ketika keadaan sulit datang selain dukungan moral, kata-kata bijak bisa memberi motivasi dan semangat baru. Well.. buat kalian yang sedang dihadapkan dengan masalah hati dan butuh motivasi kalian bisa mencoba membaca buku yang akan saya review berikut ini..

Review Buku : “Aku Berdiri Disini Untukmu”

Identitas Buku
Judul Buku       : Aku Berdiri di Sini Untukmu
Penulis             : Carrin Fu
Penerbit           : Transmedia Pustaka
Tahun terbit     : 2017
Halaman          : 190 hlm
Bahasa             : Indonesia
ISBN               : 978-602-1036-66-2
Harga              : Rp 55.000

Buku ini merupakan buku karya penggagas akun instagram @test_psikologi yang bernama Carrin Fu, tulisan-tulisan yang ada dalam buku ini merupakan pandangan dan pemikiran pribadi si penulis yang bercerita tentang pandangan hidup yang harus disikapi secara positif. Tentang bagaimana memandang masalah adalah bukan suatu hal yang menakutkan, memandang segala masalah pada setiap manusia meski dalam fase terpuruknya pasti ada hikmah yang dapat dijadikan pembelajaran. Tentang bagaimana memotivasi diri sendiri untuk menggapai mimpi dan pemacu semangat ketika ngedown atau sedih.

Penulisan buku ini bertujuan untuk mengurangi kegalauan juga memberikan terapi bagi semua orang yang ingin selalu berpikir positif dan bertindak positif di berbagai keadaan. Satu terapi yang menuliskan pikiran singkat dari setiap kejadian yang mampu menjaga pikiran tetap waras di jaman yang serba nyeleneh ini.

Sebagai pembaca kita diajak untuk introspeksi diri, merenung, dan berkaca pada diri sendiri. Kita diajak untuk selalu bersyukur atas anugrah yang telah diberikan Tuhan dalam hidup kita. Tak seperti buku motivasi pada umumnya, buku ini tak terkesan berat sama sekali bahkan kehadiran buku ini tidak bermaksud untuk menggurui ataupun terlalu serius. Sederhana tapi ngena, buku ini ditulis dalam gaya bahasa yang ringkas berupa penggalan-penggalan paragraf pokok.
Buku ini cukup menarik dan berkesan untuk dibaca, intinya dalam hidup saat kita merasa senang, sedih, berada dalam masalah atau apapun yang terjadi tetaplah berpikir positif dan patut disyukuri. Jangan buang-buang waktu untuk berpikiran negatif dan bertindak salah langkah, karena penyesalan selalu datang belakangan. Tetaplah lakukan yang terbaik dan jangan menuntut untuk menerima terlebih dahulu.

Dalam buku ini penulis juga berpesan agar kita jangan terburu-buru dalam menilai suatu hal baik atau buruk. Kenalilah dirimu terlebih dahulu, bebaurlah dengan lingkungan sekitar setelah itu pahamilah keadaan tersebut dengan pikiran positif. Kelebihan buku ini tidak hanya membahas hubungan percintaan, namun juga hubungan dengan sahabat, keluarga, dan rekan kerja, seperti masalah yang kemungkinan terjadi dan bagaimana cara menyikapinya. Kelemahan buku ini terdapat beberapa kalimat pengulangan kata, dan kurang berwarna desain di dalam bukunya. Namun, secara keseluruhan buku ini cukup bagus untuk menjadi hiburan dikala waktu senggang.



 Review Buku "Mencintaimu sedalam Lukaku"
 


Identitas buku
Judul buku      : Mencintaimu sedalam lukaku.
Penulis             : Ayat Khalili
Penerbit           : Wahyu Qolbu
Tahun terbit     : 2018
Halaman          : 150 hlm
ISBN               : 978-602-6358-54-7
Bahasa             : Indonesia
Harga              : Rp 55.000

Bermimpi itu gratis yang bayar prosesnya. Hidup itu pilihan, yang gagal karena menyerah dan putus asa”.-Ayat Khalili

Berbagai tulisan yang ada di dalam buku ini, semacam refleksi singkat untuk pembaca terutama anak muda dalam masa pergaulannya. Pesan singkat yang ditulis dalam buku ini menggambarkan tentang berbagai fenomena mulai dari hubungan asmara, cinta, pacaran, putus, patah hati, sampai sakit hati yang diringkas menjadi bahasan dengan menggunakan kata-kata yang sederhana namun menyentuh hati, menggunakan bahasa puitis untuk memberikan kesan keindahan hati dan  menggambarkan perasaan pembaca. Selanjutnya buku ini lebih menekankan pada pembagian sugesti yang positif dan konstruktif dengan harapan bangkitnya semangat baru dalam pergaulan.

Tujuan dari penulisan review buku yang berjudul “Mencintaimu Sedalam Lukaku” ini adalah untuk memberikan informasi mengenai buku yang cocok menjadi teman suka-duka sekaligus memberi informasi mengenai kekurangan dan kelebihan yang ada pada buku ini.


Terdapat beberap judul besar yang berisi beberapa paragraf singkat pada tiap bagiannya. Seperti pada bagian pertama buku ini berjudul “Memahamimu Dengan Cinta”. Terdapat 14 point yang menceritakan tentang pemahaman cinta dan perasaan sendiri.
cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tau nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tau nanti akan jadi kekasihmu.” (Ali Bin Abi Thalib)
Dan selanjutnya buku ini memberikan motivasi kepada pembaca agar tetap bersemangat dalam menjalani hidup, dan menjadikan pribadi yang lebih baik lagi.

Kelebihan buku ini sudah terlihat bahwa penulis ingin memberikan sugesti yang baik terhadap pembaca dan memberikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam suatu hubungan dan bagaimana cara mengatasinya dengan memberikan beberapa kata-kata yang bijak untuk dijadikan pembelajaran.
Kekurangannya dalam point-point terakhir kalimat-kalimat yang ada pada buku ini mengulang kalimat-kalimat yang terdapat pada awal pembahasan sehingga terkesan kurang variatif kata-katanya.
 
 


“Sering aku berpesan, dia itu bukan segalanya, meski akhirnya hatimu terluka dan hidupmu hampa ditinggalkannya.” Tetapi, tenang saja, buku ini bisa menjadi teman suka-dukamu setiap saat. The more i love you, the deeper pain that i feel. Buku ini recomended banget buat yang lagi galau ditinggal pacar, diputusin, diselingkuhin, tak dapat restu dari orang tua, LDR, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan percintaan kalian.



Secara keseluruhan dari kedua review buku diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa kedua buku tersebut cukup menarik dan sangat recommended untuk dibaca. Dari segi desain buku menggunakan soft cover dan hanya kurang dari 200 halaman buku ini sangat simpel, tidak berat untuk dibaca karena menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Selain itu kedua buku tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar menarik sehingga pembaca tidak bosan dengan tampilan bukunya. Kata-kata bijak yang terdapat dalam 2 buku ini memberikan suntikan semangat untuk bangkit dari keterpurukan. "Berbahagialah bukan karena segala sesuatu baik, namun karena kamu mampu melihat hal baik dari segala sesuatu." Buku ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin mencari referensi untuk buku-buku motivasi lainnya.





Komentar

  1. Wah bagus banget review nya lam, referensiin buku yang lain lagi yaaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhh makasi yusdi yanti 😊, siap deh nanti tunggu aja yah hehe

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Wah jadi pengen baca buku yang udah di review penulis nih, tapi gapunya uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa baca punya ku ko melinda, tapi giliran ya masih dipinjem yang lain 😁

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan