Penghargaan untuk Volunteer Asian Games 2018

Volunteer banjir apresiasi dan bikin iri. Apasih yang volunteer rasakan dan apa yang di dapatkan selama menjalankan tugas di Asian Games 2018?



Asian Games 2018 merupakan ajang olahraga terbesar di Asia dan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dalam even tersebut.
Menurut pengalaman salah seorang volunteer hal terbaik adalah saat kita bisa mengenali banyak orang luar tanpa harus ke luar negeri. yups.. cukup berada di zona-zona tertentu yang banyak ditempati atlet, official, dan wisatawan asing kita sudah merasakan seperti ada di luar negeri. Ada beberapa tempat yang memang memiliki suasana layaknya berada di luar negeri seperti di Wisma Atlet dan Gelora Bung Karno. Karena di tempat-tempat tersebut banyak warga negara asing yang berlalu lalang layaknya kota-kota besar di luar negeri kita bisa merasakan suasana yang berbeda.




Menjadi bagian dari volunteer tentunya memiliki kebanggaan tersendiri karena menjadi bagian dalam sejarah Indonesia dimana pada tahun 1962 Indonesia menjadi tuan rumah pertama kalinya dan sekarang ditahun 2018 setelah 56 tahun menjadi tuan rumah kedua kalinya. Dan menjadi suatu keberuntungan bagi para volunteer yang terpilih bisa merasakan even yang mungkin nantinya hanya bisa dirasakan oleh anak cucu mereka.



Selain mendapat materi, ilmu dan juga pengalaman merupakan hal berharga yang didapatkan oleh seorang volunteer. Mungkin ada beberapa orang berpikir alasan mengikuti volunteer adalah untuk mendapatkan uang tambahan, namun ilmu dan pengalaman sejatinya adalah hal besar yang paling berharga didapat oleh seorang volunteer. Contohnya, ia adalah seorang volunteer bagian divisi catering dan ia bekerjasama dengan vendor-vendor makanan dan juga chef yang memang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya kemudian ia belajar banyak hal mulai dari cara memberikan service yang baik hingga memperhatikan gizi makanan yang sesuai bagi para atlet terlebih jika volunteer tersebut berlatar belakang ilmu gizi atau mahasiswa tata boga, tentunya ilmu yang didapat bisa langsung di terapkan sendiri pada pekerjaan di divisinya.



Kemudian volunteer juga mendapatkan akreditasi untuk bisa masuk ke venue pertandingan, karena mereka dibekali seragam mulai dari topi, baju, celana, jaket, tas, kaos kaki, sepatu, armband serta buku jurnal dan alat tulisnya, kemudian ada id card dan kartu debit yang bisa dipakai untuk menaiki Trans Jakarta dan semua itu gratis.


Mendapat kenalan dan kawan baru tentunya sangat menyenangkan bisa bertukar informasi karna latar belakang mereka yang berbeda-beda mulai dari siswa yang baru lulus SMA sampai yang sudah bekerja di berbagai bidang ahli, berbeda budaya dan bahasa serta berbeda keyakinan. Namun semua itu mengasah keberanian untuk bersosialisasi dengan baik dan mengasah kemampuan berbahasa asing. karena mau tidak mau volunteer diharuskan mempraktekan skill nya secara langsung dan  selama menjadi volunteer mereka saling gotong royong membantu menyukseskan event ini. Para volunteer juga bisa bertemu atlet dan berfoto bersama apabila memungkinkan, bahkan salah satu moment yang menjadi ciri khas atau kebiasaan unik yang biasa dilakukan pada event olahraga internasional yaitu bertukar/ mengumpulkan pin dari berbagai negara yang ikut serta dalam Asian Games 2018.





Para volunteer yang telah membantu menyukseskan Asian Games 2018 nantinya akan mendapatkan sertifikat internasional yang berguna untuk melengkapi CV pada saat melamar pekerjaan, hal inilah yang terbilang pengalaman berharga yang cukup mahal karena tidak semua orang punya pengalaman berkontribusi di Asian Games 2018. Banyaknya penghargaan yang di berikan untuk volunteer Asian Games diantaranya adalah adanya parade khusus volunteer di closing ceremony Asian Games, jamuan makan bersama di Dinning Hall Atlet Village pada saat penutupan Asian Games dan juga nantinya akan ada acara apresiasi untuk 6000 volunteer Asian games 2018.

Berkontribusi sebagai volunteer dalam sebuah penyelenggaraan olahraga internasional seperti Asian Games 2018 pastinya adalah sebuah kebanggan tersendiri yang di dapatkan para volunteer. Proses seleksi yang tidak mudah juga menjadi kepuasan setelah diterima menjadi volunteer dan manfaat yang didapat bisa memberikan hal positif dan bekal untuk masa depan kelak, bagi kamu yang belum bisa bergabung menjadi volunteer Asian Games 2018 jangan khawatir karena masih banyak even-even internasional lainnya yang akan diselenggarakan selanjutnya seperti Asian Paragames 2018, Olympic and Paralympic Games Tokyo 2020, Fifa World Cup Qatar, dan  Olimpiade dunia. Tentunya jika kamu bergabung menjadi volunteer akan sangat membuka wawasan dan relasi yang sangat bermanfaat sekali.


Komentar

  1. Wah informasinya bagus sekali nih berbagi pengalaman.. Sayang banget aku kemaren ga daftar volunter asian games

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan