Special Library



Apakah anda seorang peneliti? atau anda sedang dalam tahap menyelesaikan tugas akhir kuliah? Atau mungkin anda adalah orang yang gemar membaca. Jika Ya, maka jawabannya adalah Perpustakaan. Untuk berbagai macam keperluan itu perpustakaan mungkin bisa menjadi salah satu alternatif basis referensi. Taukah kamu bahwa terdapat perpustakaan khusus yang disediakan hanya untuk kalangan tertentu saja? Contohnya seperti pada pembahasan kali ini yaitu Perpustakaan Khusus lembaga PDII LIPI.

Perpustakaan PDII LIPI merupakan perpustakaan khusus yang bertugas untuk mengatur dokumentasi bagi kantor-kantor pemerintah dengan tujuan memberikan pelayanan akan kebutuhan bahan-bahan bacaan untuk keperluan riset dari lembaga-lembaga riset di Indonesia. Menurut peraturan Presiden No. 20 tahun 1961 tugas dari perpustakaan khusus ialah mengumpulkan, menyusun, dan memelihara buku-buku, dokumentasi pustaka dengan maksud menyediakan bagi keperluan pengetahuan, penyelidikan, pengajaran, dan keperluan lain yang sejenis. Perpustakaan PDII LIPI memiliki peran penting dalam penyebaran informasi ilmiah, yakni melakukan pengembangan dan pelayanan jasa perpustakaan, layanan referensi, dan rujukan cepat dalam pemenuhan kegiatan riset dan pendidikan. Dengan moto layanan Exellent Service for All, petugas perpustakaan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna secara tepat, cepat, akurat, dan nyaman.

Berbagai database layanan yang ada di perpustakaan PDII LIPI diantaranya:
1.      Database pengunjung perpustakaan (http://elib.pdii.lipi.go.id/sirkulasi)


2.      Katalog LARAS (http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/)


3.      Katalog ISJD (http://isjd.pdii.lipi.go.id/)


4.      E-Library “Bibliotaiment” (http://elib.pdii.lipi.go.id/)


5.      Website PDII LIPI (http://www.pdii.lipi.go.id/)


6.      Database IntraLIPI (SpringerLInk)(http://intra.lipi.go.id/)



Perpustakaan PDII LIPI dibagi menjadi 3 ruangan. Ruangan utama tersedia layanan jasa informasi yang menyatu dengan ruangan pertama ada di lantai dasar yaitu ruangan yang menyediakan koleksi umum, koleksi majalah. Ruangan lainya berada di lantai dua, tersedia koleksi khusus wanita dan anak yang menyatu dengan koleksi terbitan penulis-penulis iptek terkenal seperti Astris S Susanto dan Abdurrahman Suryomiharjo.


Untuk tempat mencari referensi di bidang iptek, Perpustakaan PDII LIPI ini cukup representatif dan lengkap karena telah memiliki koleksi sekitar 190 ribu judul yang terdiri dari buku umum, referensi, majalah terjilid, laporan penelitian, dan pertemuan ilmiah, disertasi, bibliografi, indeks serta sari karangan. Bagi pengunjung perpustakaan disediakan juga sistem online public access catalogues dalam perangkat komputer yang disediakan sebagai katalogisasi koleksi perpustakaan untuk mencari judul bacaan yang dibutuhkan.


Meskipun perpustakaan ini merupakan perpustakaan khusus yang berada di bawah suatu lembaga namun perpustakaan ini juga terbuka untuk umum. Jadi bagi kalian mahasiswa yang ingin melakukan kunjungan ke Perpustakaan PDII LIPI cukup dengan menandatangani surat bertemu dengan orang yang bersangkutan kemudian akan diberikan kartu tamu. Perpustakaan PDII LIPI buka pada hari Senin- Sabtu dengan jam buka layanan pukul 08.30 – 15.30. Jadi tunggu apalagi ayo berkunjung ke perpustakaan khusus PDII LIPI untuk mengakses informasi disana !

Reference
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=452576&val=9562&title=PROFIL%20PEMAKAI%20PERPUSTAKAAN%20PDII-LIPI
https://www.researchgate.net/publication/288713363_PANDUAN_INFORMASI_PERPUSTAKAAN_PDII-LIPI
http://mahdisblog.blogspot.com/2016/01/suatu-hari-di-perpustakaan-pusat.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan