Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan


Perpustakaan Telkom University satu diantara sekian banyak perpustakaan unik dan menarik untuk dikunjungi. Berada di daerah Bandung, perpustakaan menjadi daya tarik sendiri bagi anak-anak muda di daerah Bandung itu sendiri. Pertama ketika berada di bagian depan perpustakaan mungkin terlihat biasa saja namun, ketika memasuki ruangan perpustakaan mungkin anda akan tercengang dengan desain perpustakaan yang begitu unik. Apalagi untuk kalian yang baru pertama kali berkunjung ke Perpustakaan Telkom University. Diberi nama Open Library maka siapa saja bisa berkunjung dan mengakses koleksi yang ada di perpustakaan. 
Mengusung tema hommy dan juga green futuristic membuat perpustakaan terkesan modern dan menjadikan perpustakaan terasa lebih nyaman seperti berada di alam. Didukung dengan teknologi dan fasilitas yang modern juga memberikan kesan perpustakaan masa depan yang patut di contoh pada pembangunan perpustakaan di Indonesia. Desain gedung Perpustakaan Telkom sudah terlihat jelas bahwa perpustakaan tersebut sudah mengikuti perkembangan zaman dengan desain interior, pemberian warna, dan peralatan-peralatan yang digunakan menjadi daya tarik sendiri untuk menyusuri setiap bagian dari gedung perpustakaannya. Sarana dan prasarana yang disediakan juga cukup baik untuk digunakan bahkan untuk pemustaka berkebutuhan khusus. Koleksi yang disediakan juga banyak macamnya dan tidak hanya koleksi tercetak saja namun juga banyak koleksi digitalnya. Untuk akses keamanan juga cukup baik sudah ada RFID, sistem pemadam kebakaran dan CCTV. 


Dengan konsep yang dapat dikatakan sangat kekinian tentunya banyak pemustaka yang betah berlama-lama di perpustakaan apalagi di perpustakaan juga ada mini cafe yang menyediakan kopi gratis bagi pemustaka yang ingin bersantai sejenak untuk menrefresh kembali pikiran sekaligus menghilangkan rasa kantuk. Tentunya dengan adanya fasilitas yang memanjakan tersebut dapat menarik minat banyak orang untuk berkunjung ke Perpustakaan Telkom University baik untuk membaca buku, melakukan diskusi, maupun hanya sekedar berfoto-foto.

 
 


Sedikit yang menjadi kekurangan dari Perpustakaan Telkom University yaitu akses menuju gedung perpustakaan masih cukup jauh dari depan gerbang utama, apalagi letaknya yang berada di lantai 5 sehingga harus menaiki lift untuk sampai ke perpustakaan, terlebih jika lift sedang rusak maka harus manaiki tangga untuk sampai ke perpustakaan. Namun, meskipun aksesnya yang cukup jauh tidak menurunkan minat pemustaka pada Perpustakaan Telkom University. Perpustakaan juga telah mengupayakan perawatan sarana akses ke perpustakaan agar selalu bisa digunakan. Dan meski begitu pemustaka tetap antusias untuk mengunjungi perpustakaan, hal ini terlihat dari perpustakaan yang selalu ramai akan pengunjung. Oleh karena itu untuk kalian yang sedang berwisata ke Bandung tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Perpustakaan Telkom Universiy dan menjadikan perpustakaan sebagai salah satu destinasi wisata edukasi untuk dikunjungi.

Komentar

Posting Komentar