Orientasi Perpustakaan Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan masa orientasi perpustakaan di gedung perpustakaan utama kampus 1 tepatnya di ruang pertemuan lantai 7 pada hari Rabu, 24 Oktober 2018. Apa itu Orientasi Perpustakaan?, Orientasi Perpustakaan merupakan bagian dari Program Literasi Informasi yang rutin diadakan oleh Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di setiap tahun ajaran baru.


Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa dari berbagai macam program studi di sekitar UIN Syarif Hidayatullah ini dibuka oleh kepala pusat perpustakaan yaitu bapak Amrullah Hasbana, S.Ag, SS., MA. Acara terbagi menjadi dua sesi dengan dua narasumber yang berbeda, pada sesi pertama yaitu mengenai layanan kerjasama yang disampaikan oleh Ulpah Andayani, M. Hum (Sub Koordinator Layanan Kerjasama) dan di sesi kedua mengenai layanan IT yang disampaikan oleh Luthfi Irhason, S.IP (Sub Koordinator Layanan IT dan Otomasi).
Dalam kegiatan tersebut setidaknya ada beberapa materi yang disampaikan satunya adalah mengenai fasilitas gedung dan layanan yang ada di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu juga disampaikan mengenai pengenalan dan peraturan yang berlaku di perpustakaan, seperti larangan membawa makanan dan minuman ke ruang baca atau ruang koleksi. Dijelaskan pula alasan adanya peraturan tersebut adalah untuk memciptakan suasana yang bersih dan nyaman di ruang baca koleksi. Pada sesi tanya jawab peserta orientasi yang hadir sangat antusias dalam memberikan kritik dan saran salah satu diantara saran yang muncul adalah mengenai rak buku yang seharusnya diberikan identitas nomor kelas untuk memudahkan pemustaka mencari lokasi buku.


Orientasi perpustakaan di kalangan civitas akademika memang dibutuhkan guna memberikan pengetahuan mengenai perpustakaan secara umum dan lebih detail lagi kepada mahasiswa, orientasi sama halnya dengan literasi informasi dimana kegiatannya dapat berupa seminar, diskusi, workshop, orientasi ini juga bermanfaat bagi mahasiswa agar tidak kebingungan lagi saat datang ke perpustakaan. Diharapkan setiap perpustakaan fakultas juga memberikan orientasi perpustakaan kepada pemustaka yang ada di setiap program studi.


sumber: http://perpus.uinjkt.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan