Menuju Image Perpustakaan Masa Kini

Taukah kamu bahwa perpustakaan umum memiliki pedoman dalam penataan ruangannya? Nah, di dalam pedoman tersebut pengertian perpustakaan umum yang dijabarkan yaitu “Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat. Perpustakaan umum mengemban visi terciptanya masyarakat informasi atau masyarakat yang cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi”. Pengertian tersebut sesuai dengan pengertian dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 yang berisi “Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial ekonomi. 


Tantangan utama yang dihadapi oleh perpustakaan umum saat ini yakni menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan mengakses informasi melalui perpustakaan, mampu bersaing dengan berbagai bentuk informasi dan kegiatan rekreasi lain di tengah derasnya arus informasi dari berbagai sumber serta mampu membangun citra sebagai pusat kegiatan yang menyenangkan dan terbuka bagi siapapun bukan sebagai tempat kegiatan yang kaku, formal, membosankan dan hanya ditujukan untuk kalangan tertentu. Jadi pada dasarnya tantangan yang dihadapi perpustakaan umum adalah terkait masalah promosi perpustakaan yang berkaitan langsung pada kegunaan perpustakaan umum oleh masyarakat sekitar.

Pada pedoman dijelaskan prinsip-prinsip dasar yang perlu dilakukan dalam mengembangkan desain ruang perpustakaan umum guna menjadi sarana promosi bagi kebermafaatan perpustakaan umum oleh masyarakat sekitar. Prinsip pertama yaitu, perpustakaan umum mampu menawarkan citra lingkungan yang menyenangkan dimana penataan ruang didekorasi sedemikian rupa sehingga menciptakan ketertarikan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan umum tersebut.


Prinsip yang kedua yaitu perpustakaan umum menjadi pusat kegiatan masyarakat. Prinsip ini menekankan pada fungsi perpustakaan umum sebagai pusatnya kegiatan masyarakat bukan hanya sebagai tempat membaca koleksi saja namun juga bisa sebagai pusat kegiatan rekreatif lainnya seperti tempat hiburan, bersosialisasi, dll. Jadi penataan ruang pada perpustakaan umum haruslah dirancang sebaik mungkin sehingga penggunaan ruang dapat digunakan untuk kegiatan rekreasi perpustakaan.

Prinsip yang ketiga yaitu perpustakaan umum mampu mengutamakan kenyamanan bagi  pengguna. Perpustakaan umum dalam penataan ruanganya harus mampu memenuhi faktor kenyamanan, keamanan serta keselamatan yang diperuntukkan bagi penggunanya (pemustaka). Kenyamanan ruang untuk berkegiatan di dalam perpustakaan, keamanan dan keselamatan di dalam perpustakaan umum.


Prinsip yang keempat yaitu perpustakaan umum terbuka bagi siapapun. Dalam penataannya perpustakaan diharapkan mampu memberi akses kepada masyarakat berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Dengan memperhatikan prinsip aksesibilitas dalam penataan ruang dan perabot. Setiap pengguna harus dapat mendapat kemudahan dalam mengakses koleksi di perpustakaan, seperti pengguna berkebutuhan khusus yang harus difasilitasi dengan sarana yang mendukung.

Prinsip kelima yaitu masa depan salah satu ciri perpustakaan saat ini sebagai pusat informasi adalah layanan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Masyarakat pada umumnya mengharapkan layanan perpustakaan yang modern, termasuk penggunaan berbagai media audiovisual dan akses internet, sehingga perpustakaan umum perlu ditata untuk memenuhi kebutuhan ini. Penataan ruang pun perlu mengantisipasi arah perkembangan teknologi di masa depan dan dampaknya terhadap layanan perpustakaan umum. Perpustakaan umum memenuhi kebutuhan masa kini dan dan masa yang akan datang dengan mengembangkan berbagai ciri-ciri nya dengan kemajuan teknologi yang ada. 


  Prinsip keenam yaitu Perpustakaan umum adalah milik bersama masyarakat. Sangat penting membuat masyarakat ikut merasa memiliki perpustakaan umum dan menjadikannya bagian dari kehidupan sehariharinya. Dengan perasaan memiliki, maka dengan sendirinya akan terbentuk budaya untuk memanfaatkan, memelihara bahkan ikut mengembangkan perpustakaan umum menjadi lebih baik. Hal ini dapat dicapai melalui keterlibatan masyarakat tidak hanya sebagai pengguna tetapi juga partisipasi dalam segala kegiatan perencanaan dan pengembangan perpustakaan umum. Contohnya dengan memiliki koleksi yang beragam dan sesuai dengan range umur pemustaka.


Melihat dari kondisi perpustakaan umum yang ada di Indonesia pada saat ini banyak perpustakaan umum yang belum dimanfaatkan secara maksimal terutama oleh masyarakatnya, beberapa prinsip di atas belum diterapkan secara maksimal oleh perpustakaan umum karena kurang mampunya dalam menarik masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan umum. Masyarakat saat ini cenderung melakukan pencarian informasi entah mengenai teknologi informasi atau informasi umum lainnya, masyarakat cenderung memanfaatkan media internet karena kemudahan yang ditawarkan dan praktis. Kemudian dalam melakukan program atau kegiatan masyarakat lebih cenderung melakukannya di balai desa atau kelurahan dan jarang sekali memanfaatkan perpustakaan untuk melakukan kegiatan tersebut sebab masyrakat masih memahami konsep perpustakaan sebagai gudang buku sehingga mereka berfikir perpustakaan tidak dapat digunakan untuk aktifitas lain selain edukasi. Dan masih banyak lagi faktor yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan umum seperti faktor kenyamanan dan keterbukaan, masih banyak perpustakaan yang masih belum mampu menerapkan kenyamanan dalam perpustakaan sehingga masyarakat malas untuk datang dan terkadang perpustakaan juga tidak terbuka untuk semua kalangan, masih ada kalangan yang merasa pelayanan untuknya dibatasi atau tidak ada sama sekali. Serta masyarakat masih berfikiran bahwa perpustakaan umum hanya diperuntukkan untuk sebagian kalangan saja sehingga ada sebagaian masyarakat yang merasa tidak sesuai dengan perpustakaan tersebut. Padahal yang seharusnya masyarakatlah yang membuat citra perpustakaan umum menjadi baik, perpustakaan dengan pelayanan yang baik dan fasilitas yang memadai sudah pasti akan dikunjungi oleh masyarakat sekitar yang juga pengguna jasa informasi di perpustakaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan