Perpustakaan Daniel S. Lev, salah satu perpustakaan unik yang tersembunyi di Jakarta.


Jakarta punya perpustakaan unik tersembunyi yang terletak di daerah kuningan Jakarta Selatan loh. Tepatnya di Puri Imperium Office Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Lokasinya sangat stratergis dilalui oleh kendaraan umum sehingga memudahkan pemustaka dalam menjangkaunya. Namanya Perpustakaan Daniel S. Lev, perpustakaan ini menjadi perpustakaan hukum di Indonesia. Didirikan pada tahun 2006 perpustakaan ini menjadi bentuk penghargaan kepada Prof. Daniel S. Lev atas jasa-jasanya dalam pengembangan ilmu hukum di Indonesia secara umum. Selain itu Prof. Daniel S. Lev memberikan kontribusinya kepada perpustakaan dengan menghibahkan sebagian koleksi buku pribadinya. 

 
Dari koleksi yang dimiliki perpustakaan ini termasuk jenis perpustakaan khusus karena sebagian besar koleksinya adalah buku-buku hukum dan politik. Ada sekitar ribuan buku, jurnal, makalah dan paper yang disumbangkan Prof. Daniel dari beragam disiplin ilmu, sebagian diantaranya merupakan buku-buku langka yang sangat berharga dan ada juga buku-buku tulisan Prof. Daniel yang menjadi koleksi penting di perpustakaan. 


Sebelum Prof. Daniel meninggal dunia pada tahun 2006, sebagaimana dikutip dalam berita hukum online bahwa pesan dari beliau adalah buku-buku koleksinya tidak boleh didiamkan. Buku-buku tersebut harus dibaca, dijadikan sumber pelajaran dan dijadikan bahan diskusi oleh para ilmuan muda Indonesia. Buku-buku tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin karena sangat berharga untuk memajukan kehidupan demokrasi, memperkokoh pemahaman negara hukum dan pemerintah di Indonesia. Tidak mengherankan bukan jika sejumlah pihak sepakat untuk membuat perpustakaan yang dinamakan “Daniel S. Lev Library”. Perpustakaan tersebut juga bisa diakses melalui websitenya yaitu www.danlevlibrary.net

 
Oia, perpustakaan Prof. Daniel S. Lev ini juga bermitra dengan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera loh. Jadi, kebanyakan pemustakanya merupakan mahasiswa yang sedang menyelesaikan program studi (S1) Ilmu Hukum di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera. Perpustakaan juga terbuka untuk umum sehingga masyarakat luar bisa mengunjungi perpustakaan dan mengakses koleksi yang ada namun koleksinya tidak untuk dipinjamkan. Perpustakaan Daniel S. Lev menggunakan sistem layanan terbuka sehingga pemustaka dapat langsung menelusur informasi ke rak dan membaca ditempat secara bebas tanpa dipungut biaya. Waktu layanan perpustakaan setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 09.00-18.00 WIB. 


Keunikan dari perpustakaan ini terlihat dari desain interior yang minimalis dan klasik serta layanannya yang cukup banyak diantaranya layanan sirkulasi, referensi, pengembangan dan pengadaan bahan pustaka, layanan pengguna (user education), layanan fotocopy dan alihmedia, layanan akses internet, dan yang paling unik adalah layanan kopi gratis. Hal ini menjadi daya tarik bagi perpustakaan karena mampu membuat pemustaka betah berada di perpustakaan. Meski perpustakaan telah berusaha menyediakan layanan yang beragam namun, masih terdapat kendala yang ada pada perpustakaan yaitu ruangannya kecil sulit untuk pemustaka yang berlalu lalang. Sebaiknya perpustakaan harus mengatur tata ruang perpustakaannya agar terlihat lebih luas.



Terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang ada di perpustakaan Daniel S. Lev ini sudah cukup modern akan kemajuan teknologi dan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Oleh karena itu perpustakaan ini bisa menjadi tempat yang wajib dikunjungi sebagai tempat edukasi jika kalian berkunjung ke daerah Kuningan Jakarta Selatan.

Komentar

  1. Pertama kali hadir di Indonesia, Situs BandarQ dengan rate kemenangan hingga 90% hanya di WWW(.)POKERVITA(.)FUN
    Pusat BandarQ online dengan sistem terbaik di Indonesia.
    Kami Mengutamakan Pelayanan, Kecepatan dan Kepuasan kepada member
    Anda Jangan Ragu lagi Join Sekarang Juga !!!

    Menyediakan 8 Jenis game dalam 1 akun, tak hanya bandarq online

    *ADU Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR Q
    *CAPSA SUSUN
    *DOMINO 99
    *POKER ONLINE
    *SAKONG
    *BANDAR 66 (NEW)

    Contact us :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan