OPAC : Katalog masa depan...


Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora selalu berupaya untuk meningkatkan sumber layanan yang lebih baik dalam mengelola koleksi misalnya perpustakaan di Fakultas Adab dan Humaniora mempunyai upaya untuk menjadi sumber referensi yang terkemuka di dalam segala bidang informasi baik bidang umum maupun keislaman untuk keperluan akademik dan riset. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi yang faktual haruslah mendukung pemustaka dalam mengakses layanan dengan baik, seperti layanan yang ada di perpustakaan FAH yaitu layanan penyediaan katalog online atau sering disebut OPAC (Online Public Access Catalogue).




Katalog berisi daftar berbagai jenis koleksi yang ada pada sebuah perpustakaan dan disusun menurut sistem tertentu. Seiring dengan perkembangan teknologi perpustakaan dituntut untuk menyediakan informasi secara cepat dan tepat oleh karena itu tersedianya katalog online merupakan suatu usaha perpustakaan dalam mempercepat temu kembali informasi. Bagi pemustaka dari civitas akademika ataupun pemustaka umum dari luar kampus dapat mengakses katalog online dimanapun dan kapanpun. Berikut cara menggunakan OPAC:

Searching. Ada 2 metode yang tersedia pada pencarian di katalog perpustakaan. Yang pertama adalah pencarian sederhana, merupakan metode paling sederhana yang biasa dilakukan pada katalog pencarian. Cukup dengan memasukan kata kunci apapun, baik itu yang terkandung dalam judul dokumen, nama penulis atau subjek. Bisa menggunakan lebih dari satu kata kunci untuk memperluas hasil pencarian. Dan yang kedua adalah pencarian lanjutan, memungkinkan untuk menentukan kata kunci dalam bidang yang lebih spesifik. Masukan kata kunci di bidang judul dan sistem akan meliputnya hanya di bidang judul, bukan di bidang lain. Kolom lokasi memungkinkan anda mempersempit hasil pencarian bedasarkan lokasi tertentu, hingga hanya koleksi yang ada di lokasi terpilih yang diambil oleh sistem.





Adanya katalog online/ OPAC pada sebuah perpustakaan mampu mempermudah pemustaka dalam mencari bahan pustaka yang diinginkan. Pemustaka bisa mengetahui apakah koleksi yang tersedia dapat dipinjamkan atau tidak. Menu-menu yang ada pada OPAC Perpustakaan FAH juga sangat informatif dan bisa sebagai sarana promosi perpustakaan karena dijelaskan layanan apasaja yang tersedia pada perpustakaan.

Komentar

  1. katalognya bagus tapi kadang suka ga ada bahan yang di cari

    BalasHapus
  2. bagus informasi nya terimakasih .... yuk kunjungi juga https://fiqhutha30.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Bagus sih, tapi koleksi bukunya (-).

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan