KESERUAN SERTIJAB PUSTIKUM 2018

Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora telah banyak melaksanakan program kepustakaan bersama dengan para PUSTIKUM. Mulai dari mengadakan workshop sampai bedah perpustakaan, semua itu merupakan program yang dikerjakan oleh PUSTIKUM dibawah arahan kaur perpustakaan bapak Muhammad Azwar. nah pasti kalian bertanya-tanya apa itu PUSTIKUM?, siapa yang bisa menjadi anggota PUSTIKUM dan apa keuntungan menjadi seorang PUSTIKUM?,  berikut ini berita yang akan diulas disini.



PUSTIKUM pertamakali terbentuk pada tahun 2014 dan diketuai oleh Fadli. kemudian  2015 oleh Yudho. 2016 oleh Faisal. 2017 oleh  Agus. dan sekarang 2018 oleh Ria. PUSTIKUM atau Pustakawan Praktikum merupakan organisasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah yang bertujuan sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu kepustakawanan mahasiswa ilmu perpustakaan sehingga yang bisa menjadi anggota PUSTIKUM itu haruslah mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. PUSTIKUM ini menjadi wadah bagi mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan dalam menerapkan ilmu yang telah di dapat dikelas maupun belum di dapat dikelas. Diharapkan dengan mengikuti organisasi ini mahasiswa bisa mengeksplorasi dan melihat dunia kerja di perpustakaan yang sesungguhnya.



Keuntungan menjadi anggota PUSTIKUM sendiri bisa lebih mengenali suasana real saat bekerja di dunia perpustakaan mendapatkan contoh kasus yang mungkin tidak dibahas di kelas sehingga para PUSTIKUM di tantang untuk bisa mengatasi masalah pada kasus tersebut. Selain itu anggota PUSTIKUM juga diberikan penghargaan berupa sertifikat, yang nantinya sertifikat tersebut berguna sebagai sertifikat pendamping ijazah dan berguna untuk melamar pekerjaan.



Dari tahun ke tahun anggota PUSTIKUM semakin menunjukan eksistensinya di dalam fakultas terutama jurusan Ilmu Perpustakaan dan Pada hari Kamis, 22 November 2018 kemarin PUSTIKUM melaksanakan serah terima jabatan dari angkatan sebelumnya yaitu angkatan 2017 ke angkatan 2018, serah terima jabatan ini dihadiri oleh Kepala Perpustakaan FAH yaitu Bpk. Muhammad Azwar, Spd.I, M.Hum, Staf Perpustakaan Bpk. Sukirno dan Ibu Siska, serta perwakilan masing-masing anggota PUSTIKUM mulai dari angkatan pertama sampai dengan angkatan ke 5. Acara serah terima jabatan ini sebetulnya merupakan proses pelantikan ketua baru yang akan menjabat dan menjalankan program kerja untuk membantu pustakawan meningkatkan kualitas perpustakaan. Acara serah terima jabatan ini juga merupakan bentuk perpisahan sekaligus pemberian pernghargaan kepada angkatan sebelumnya yang telah menjabat dan membuka kesempatan untuk angkatan di bawahnya untuk bergabung menjadi anggota PUSTIKUM.



Acara serah terima jabatan dibuka dengan sambutan-sambutan kemudian penandatanganan MOU dari ketua PUSTIKUM 2017 ke 2018 beserta bapak Muhammad Azwar, disaksikan oleh anggota PUSTIKUM. Serta dilanjutkan dengan acara sharing season oleh masing-masing angkatan selain itu juga diadakan Ice Breaking untuk menambah keakraban para anggota PUSTIKUM dan diakhiri dengan acara foto bersama. Diharapkan dengan diadakan acara seperti ini mampu memberikan keakraban dan memperat tali silaturahmi antar sesama anggota PUSTIKUM.
  

Sumber:
http://fah.uinjkt.ac.id/serah-terima-jabatan-pustikum-pustakawan-praktikum-fah/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan