Studi Banding Perguruan Tinggi Hindu Bali ke Perguruan Tinggi Islam Jakarta.


Studi banding merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan tentang apa saja yang akan di terapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Biasanya yang melakukan kegiatan studi banding adalah organisasi-organisasi atau sebuah lembaga/instansi. Seperti yang dilakukan oleh perguruan tinggi di Bali yaitu IHDN yang berkunjung ke UIN Jakarta pada Rabu, 24 Oktober 2018. 

 

Keberadaan perguruan tinggi negeri di Indonesia memang sangat beragam. Di Jakarta misalnya ada Universitas Islam Negeri (UIN), UIN menarik beberapa perguruan tinggi di berbagai daerah seperti Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Bali. Perguruan tinggi negeri ini merupakan salah satu kampus yang beragama Hindu dan telah diresmikan oleh menteri agama RI pada 23 maret 2005. Meskipun perbedaan jelas terlihat dari latar belakang agama namun sikap toleransi beragama sangat ditunjukan oleh kedua perguruan tinggi tersebut. Bahkan kunjungan IHDN cukup disambut baik oleh UIN Jakarta.
Kegiatan studi banding dilakukan oleh pimpinan dari IHDN yang berasal dari Fakultas Brahma Widya. Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan penjaminan mutu di UIN Jakarta, selain itu juga terkait proses penilaian mahasiswa cum laude apa saja syarat-syaratnya, review kurikulum, jenis pengabdian masyarakat, dan apakah proses peninjauan kurikulum langsung dapat dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung. Selanjutnya dilakukan diskusi untuk membahas secara lebih rinci mengenai kegiatan-kegiatan yang ditanyakan tersebut.
Dalam pertemuan tersebut, ketua LPM kampus 1, kampus 2, koordinator dan staff LPM menerima kunjungan tersebut dan berlangsung di ruang rapat LPM. Diskusi tersebut berlangsung dalam waktu yang relatif singkat intinya adalah untuk membandingkan kondisi yang ada di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri, hasilnya sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang diinginkan. 

 

Dengan agenda studi banding ini diharapkan penyusunan akademik dan program yang ada di kedua perguruan tinggi ini bisa semakin lebih baik. Adanya sharing antar kedua perguruan tinggi mengenai program kerja masing-masing bisa menjadi acuan untuk mengoptimalkan program kerja masing-masing. Studi banding IHDN diakhiri dengan pemberian cindera mata, sesi foto bersama dan jamuan makan siang sederhana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Library Telkom University, Perpustakaan Masa Kini dan Masa Depan